SUSAH SENANG BERSAMA INTERNET - Uki Media Network
Headlines News :
'

Home » » SUSAH SENANG BERSAMA INTERNET

SUSAH SENANG BERSAMA INTERNET

Written By Unknown on Tuesday, April 29, 2014 | 9:25 PM



Bagi seorang mahasiswa, internet merupakan teman setia yang selalu memahami dan menemani dalam kondisi apapun. Internet telah menjadi bagian dalam kehidupan saya. Tak banyak yang bisa dilakukan tanpa koneksi internet. Dengan internet saya merasa lebih mudah menjangkau segala sesuatu. Internet telah memberikan kemudahan dalam menjalani kehidupan.

Di zaman yang terus – menerus menuntut perubahan dengan begitu cepatnya, kehadiran internet menjadi solusi untuk menjawab tantangan tersebut. Saya meyakini bahwa internet menjadi corong kemajuan peradaban umat manusia. Koneksi internet memungkinkan berbagai negara di dunia dapat mengejar ketertinggalan karena dengan internet akses terhadap perubahan menjadi lebih gampang.

Menggunakan fasilitas internet berarti kita membuka diri untuk dunia luas. Internet tidak memberikan batasan kepada siapapun untuk mengenal dunia luar. Dengan internet, proses pertukaran informasi menjadi lebih gampang. Kita dapat mencari informasi apapun yang kita butuhkan. Aktivitas mencari teman pun dipermudah. Hanya dengan memanfaatkan situs penyelenggara komunikasi sosial dunia seperti Facebook, Twitter, WhatsApp, WeChat, dan lain sebagainya kita bisa mendapatkan ribuan teman dalam hitungan menit.

Itulah mengapa selama ini internet telah menjadi bagian dalam kehidupan saya. Saya tidak perlu menggunakan banyak waktu untuk mengirim surat hanya sekedar memberikan informasi kepada sahabat, keluarga, dan rekan bisnis. Cukup melalui e-mail, surat atau informasi yang saya kirim dapat diterima dalam hitungan detik ke alamat yang dituju. Tak perlu menunggu waktu barhari – hari atau berminggu – minggu. Internet telah membuat saya mengejar ketertinggalan dan pastinya tidak ketinggalan.

Sehari Tanpa Internet

Entah apa jadinya jika setiap sehari saya jalani tanpa koneksi internet. Seharipun rasanya tak mampu. Karena akses informasi merupakan bagian terpenting dalam kehidupan saya. Koneksi internet telah menjadi kebutuhan layaknya kebutuhan pokok yang harus terpenuhi setiap saat. Rasa lapar menjadi hilang manakala telah asyik berkomunikasi dengan teman lama ketika bertemu di jejaring sosial bahkan rela tidur hingga larut malam hanya untuk menngakses informasi terbaru seputar perkembangan dunia.

Sungguh, ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila selalu mempunyai koneksi internet. Salah satunya ketika mengerjakan tugas kuliah. Saya menjadi lebih terbantu dan dipermudah tanpa harus mencari buku ke perpustakaan kampus. Melalui internet saya dapat mengakses buku – buku yang menjadi referensi untuk menyelesaikan tugas kuliah yang tersedia di perpustakaan online. Dengan begitu, tugas kuliah dapat diselesaikan dengan mudah, cepat, dan kaya akan referensi.

Selain itu, internet juga mempermudah saya mengakses berbagai informasi baik untuk kehidupan pribadi misalnya tentang gaya hidup, kesehatan, dan lain sebagainya maupun informasi seputar pekerjaan. Tak jarang tawaran pekerjaan kadang membuat saya terkaget ketika membuka e-mail. Apalagi ada teman baru yang mengirim e-mail dengan tujuan kerjasama bisnis. Hati kecil saya mengatakan: “Begitu mudahnya menjalani hidup ini ketika saya bisa berselancar di dunia maya.”

Sebagai mahasiswa perantau, tinggal di Ibukota memang mengisyaratkan kemudahan. Mudah dalam arti mengakses segala sesuatu melalui internet. Koneksi internet tersedia dimana – mana. Namun keadaan mulai terasa sulit ketika pulang liburan. Hidup di perkampungan yang jauh dari perkotaan. Akses internet yang cukup sulit memang benar – benar hidup terasa stagnan.

Desa Emang Lestari adalah salah satu perkampungan yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tepatnya di ujung selatan pulau Sumbawa. Mengisi liburan dengan mengunjungi tanah kelahiran seolah – olah memberikan pesan tersirat. Begitu jauhnya ketertinggalan informasi dan akses perkembangan dunia antara perkampungan dan perkotaan. Tinggal di kota – kota besar menyajikan beragam informasi dengan akses yang begitu mudah dan cepat sementara tinggal di perkampungan perlu usaha luar biasa untuk mendapatkan informasi terkini. Program Indonesia Genggam Internet cukup menarik untuk digalakkan agar seluruh penduduk Nusantara dapat menikmati internet bukan hanya di perkotaan tapi juga di pedesaan.

Jelajah Dunia Dengan Internet

Keinginan untuk mengetahui belahan dunia tidak perlu menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan uang. Melalui internet saya dapat menjelajah dunia. Hanya dalam waktu hitungan detik saya dapat melihat dan mengetahui perkembangan negara – negara di dunia. Sumbangsih pemikiran umat manusia dalam menciptakan teknologi yang mampu menghasilkan akses internet memang harus diapresiasi. Salah satunya dengan menggunakan fasilitas internet untuk hal – hal yang positif dan bermanfaat.

Ada yang paling menarik ketika menjelajah dunia melalui internet. Internet tidak pernah mengenal batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor – faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran informasi. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu.

Manfaat internet kian terasa dikala keinginan untuk menjelajah dunia melalui dunia maya terpenuhi. Komunikasi antar penduduk dunia semakin dipermudah tanpa harus saling mengunjungi. Kadangkala seseorang telah lebih dahulu mempunyai teman sebelum mengunjungi negara atau daerah yang ingin dituju. Meskipun kenalnya hanya lewat internet namun tidak mengurangi dan membatasi kedekatan dalam berkomunikasi.

Itulah yang saya lakukan ketika pertama kali merantau. Saya mencari teman sebanyak – banyaknya melalui jejaring sosial yang dimiliki. Dengan begitu, saya bisa menanyakan informasi seputar daerah yang ingin dituju. Misalnya tempat wisata, kuliner, transportasi, dan tempat tinggal yang nyaman sehingga saya dapat menyiapkan segala sesuatunya dan lebih dini dapat menghindari kemungkinan – kemungkinan resiko yang akan dihadapi.

Internet memang sangat membantu di setiap perjalanan saya. Saya tidak perlu khawatir untuk mengunjungi daerah – daerah yang sebelumnya tidak pernah dikunjungi. Apalagi hendak mengunjungi sebuah negara, meskipun keinginan untuk mengunjungi beberapa negara di dunia belum terpenuhi namun saya merasa puas karena telah lebih dahulu mengatahuinya melalui internet. Akses internet sudah seharusnya dinikmati oleh seluruh penduduk negeri agar dapat memberikan kemudahan di setiap aktivitasnya.

Indonesia Genggam Internet

Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, program Genggam Internet dari Telkomsel dengan tujuan untuk membantu mengatasi Buta Internet di Indonesia merupakan program yang sangat menarik. Internet memang perlu diperkenalkan dan diajarkan kepada penduduk Nusantara terutama yang berada di wilayah pedesaan atau perkampungan.

Akses internet adalah hak setiap warga negara. Membantu sesama merupakan perbuatan yang sangat mulia. Memperkenalkan dan mengajarkan internet kepada setiap warga negara yang buta akan internet harus menjadi tanggung jawab kita bersama. Karena kita semua adalah sekeluarga. Satu bahasa dan satu bangsa. Penduduk Indonesia. Berbagi terhadap sesama merupakan bukti cinta terhadap negeri.

Sampai saat ini, akses internet tidak sepenuhnya dinikmati oleh seluruh penduduk Indonesia. Sebagai orang yang familiar dengan internet, kita semestinya memberikan dukungan terhadap program tersebut. Pastikan dirimu menjadi bagian dari program Indonesia Genggam Internet. Anda peduli??? Ayooo…Berkontribusi untuk negeri!. Mari berantas Buta Internet di Indonesia bersama Telkomsel (http://telkomsel.com/genggam-internet).
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Uki Kifli | Bacalah | Bacalah
Copyright © 2011. Uki Media Network :: Berkembang Dalam Tantangan
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger