UKI KIFLI - Uki Media Network
Headlines News :
'

Home » » UKI KIFLI

UKI KIFLI

Written By Unknown on Tuesday, October 16, 2012 | 5:20 AM

UKI KIFLI, itulah nama yang diberikan oleh kedua orang tuaku. Lahir pada tanggal 14 Maret 1989. 14 Maret merupakan hari kelahiran seorang ilmuan yang sangat fenomenal, Albert Einstein. Itulah mengapa aku selalu termotivasi untuk menjadi ilmuwan. Namaku memang cukup unik, lahir disebuah desa nan kecil tepatnya di ujung selatan pulau Sumbawa, Emang Lestari. Meski nama tersebut tidak menunjukkan identitas putra kelahiran Sumbawa namun aku sangat bersyukur karena dibalik nama tersebut tersimpan rahasia yang sangat luar biasa. UKI adalah nama panggilanku. Banyak orang memanggilku kampus karena UKI adalah singkatan dari Universitas Kristen Indonesia.

Kebanyakan orang beranggapan bahwa nama itu tidak terlalu penting sehingga banyak yang mengubah namanya. Bagiku nama itu sangat penting. Nama adalah hadiah pertama yang diberikan oleh kedua orang tuaku. Lihatlah kawan, UKI jika huruf  “U” dihilangkan akan menjadi KI (Kampung Inggris). Yah, itulah Pare kawan (Kampung Inggris) yang ada di Jawa Timur. Tak disangka – sangka awal tahun 2013 aku dapat mengunjungi dan menimbah ilmu (B. Inggris) pada salah satu kursusan yang ada di sana. Itu yang pertama. Yang kedua, jika huruf “K” dihilangkan maka akan menjadi UI (Universitas Indonesia). Nah, itulah yang membuatku meneteskan air mata, syukur yang sangat luar biasa karena akhir tahun 2013 aku dapat melanjutkan study (S2) di Universitas Indonesia. Tak hanya itu, bayangkan kawan jika huruf “I” dihilangkan maka akan menjadi UK (United Kingdom),,,aku selalu berdo’a, semoga setelah kuliah di UI dapat melanjutkan study (S3) ke United Kingdom (Inggris).,Aamiin. Itulah sekilas tentang namaku yang katanya unik.

Perjalananku menuntut ilmu tak semudah membalikkan telapak tangan. Dari SD hingga kuliah mendapatkan berbagai macam ujian atau tantangan. Hidup sebagai anak petani memang harus bekerja keras dan memiliki semangat yang membara agar dapat melanjutkan sekolah ke jenjang perguruan tinggi. Sejak SD hingga SMA sudah terbiasa berjalan kaki berpulu – puluh kilometer hanya untuk merasakan nikmatnya belajar di bangku sekolah. Alhamdulillah atas kesabaran, ketabahan dan kemauan keras dapat menyelesaikan sekolah di tanah kelahiran yakni di Ds. Emang Lestari Kec. Lunyuk Kab. Sumbawa dengan nilai yang sangat memuaskan.

Selepas SMA aku pun diterima kuliah di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Mataram setelah gagal dua kali mengikuti tes penerimaan mahasiswa baru Universitas Mataram (UNRAM) dan tes masuk Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Empat tahun kuliah di IKIP Mataram memberikanku banyak pengalaman dan pengetahuan tentang kehidupan bahwa untuk menjadi manusia yang unggul mutlak harus dengan pendidikan. Itulah yang mengharuskanku merantau ke Jakarta untuk melanjutkan study (S2) ke Universitas Indonesia. Lagi – lagi kegagalan ku alami ketika mengikuti Seleksi Masuk (SIMAK) UI yang pertama.  

Kegagalan itu tak membuat semangatku surut apalagi menyerah. Aku meyakini bahwa di setiap kegagalan yang ku alami ada skenario Tuhan untuk menguji apakah aku benar – benar mampu bersabar ataupun tidak. Alhamdulillah atas kesabaran, tekad, kerja keras, niat yang ikhlas, dan do’a yang tulus aku pun diterima di Universitas Indonesia setelah mengikuti Seleksi Masuk (SIMAK) UI yang kedua kalinya. Rasa syukur dan bahagia pun menghapuskan air mata kegagalan yang ku alami berkali – kali. 

Gagal memang menyakitkan, namun mimpilah yang membuatku selalu bangkit ketika diterpa ganasnya badai kegagalan. Mimpi bagiku adalah jantung hidup yang akan terus berdetak hingga akhir hayatku. Itulah yang membuatku memberanikan diri untuk bermimpi lebih besar lagi yakni melanjutkan study (S3) ke United Kingdom (UK) dan memperoleh gelar doktor pada usia 30 tahun. Meski terasa sulit, akan banyak rintangan yang kuhadapi, satu hal yang membuatku yakin bahwa disetiap ada kemauan, kesungguhan, dan kerja keras pasti Tuhan akan memberikan jalan.

BERPETUALANG adalah jalan hidup yang kutempuh. Aku takkan pernah puas jika dalam hatiku terbesit keinginan namun tak segera ku tunaikan. Itulah kawan, mengapa motto hidupku, kuabadikan dalam sebuah kalimat yang berbunyi “Berkembang Dalam Tantangan”. Tantanganlah yang membuat hidupku lebih hidup karena itu kurelakan diriku untuk terlibat dalam berbagai aktivitas keorganisasian diantaranya :

1.   PASKIBRAKA SMAN 1 Lunyuk 2006-2007 (Anggota)
2.   Pramuka SMAN 1 Lunyuk 2006-2007 (Anggota)
3.   OSIS SMAN 1 Lunyuk 2006-2007 (Kabid. Keagamaan)  
4.   KAMMI IKIP Mataram 2010-2011 (Staf Kaderisasi)  
5.   KAMMI Daerah NTB 2012 (Kabid. Kaderisasi)  
6.   LDK An-Nuur IKIP Mataram 2010-2012 (Ketua Umum)  
7.   Parta PAS IKIP Mataram 2010-2011 (Informasi dan Data)  
8.   DPM IKIP Mataram 2010-2011 (Anggota)  
9.   IPMI IKIP Mataram 2010-2011 (Bidang Data dan Riset)  
10. FAMILI Samawa 2010-2011 (Kabid. Kaderisasi)  
11. FSLDK Bali Nusra 2010-2011 (Isu dan Media)  
12. Ketua Kelompok PPL – KKN Terpadu IKIP Mataram di SMKPPN Mataram tahun 2011  
13. Pusat Informasi Pare (PIP) 2013 (Ketua Umum) 
14. IKPPML Mataram 2010-2011 (Kabid. Keagamaan)  
15. FKPPME Ds. Emang Lestari 2013-2015 (Penggagas dan Ketua Umum) 

Terlibat dalam aktivitas keorganisasian memang menyita banyak waktu dan tenaga. Mengikuti berbagai seminar, training, memimpin dan menyelesaikan konflik dalam organisasi sungguh menyenagkan karena dapat memberikan dampak yang positif dalam mengembangkan kapasitas diri. Semenjak dilahirkan hingga mendulang sukses kelak, banyaknya aktivitas yang digeluti, tiada lain hanyalah bertujuan untuk mendidik jiwa ini agar mengenal siapa dirinya dan siapa Tuhannya. Diciptakan sebagai Pemenang, hidup untuk Menang dan Mati pun harus menjadi Pemenang. Itulah tujuan Hidupku kawan.

Di akhir profil singkat ini, bagi anda yang ingin berkomunikasi dapat menghubungi Contact Person (0823383592500) atau Email (ukikifli96@gmail.com), Facebook (UkiGeranta Sang Petualang) dan Twitter (@Uki_Kifli) Juga Blog di (uki96.blogspot.com).


Pesan dari Sang Guru Spiritualku :
Uki, Kamu Itu Kalau Ingin Fenomenal Luaskan Ilmumu!”
 Ternyata aku baru menyadari kalimat tersebut adalah kepanjangan dari namaku. 
Yah, itulah UKI KIFLI.
.........................o0^0o.......................

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Uki Kifli | Bacalah | Bacalah
Copyright © 2011. Uki Media Network :: Berkembang Dalam Tantangan
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger