MANUSIA DAN PENDIDIKAN IBARAT DUA SISI MATA UANG - Uki Media Network
Headlines News :
'

Home » » MANUSIA DAN PENDIDIKAN IBARAT DUA SISI MATA UANG

MANUSIA DAN PENDIDIKAN IBARAT DUA SISI MATA UANG

Written By Unknown on Tuesday, October 16, 2012 | 5:25 AM

Salah Satu pandangan mengatakan, bahwa manusia adalah makhluk Tuhan yang mempunyai pikiran. Sebagai makhluk Tuhan, manusia mempunyai kedirian, artinya antara orang yang satu dengan yang lainnya secara tertentu mempunyai perbedaan-perbedaan. Dengan demikian, manusia disebut makhluk individu, makhluk yang mempunyai pribadi, mempunyai aku. Manusia sebagai individu hidup bersama-sama dengan individu lainnya, manusia hidup dengan sesamanya. Inilah sebabnya manusia disebut makhluk sosial, makhluk yang hidup memasyaraka. Manusia sebagai makhluk tuhan, makhluk sosial, tidak hidup secara naif saja (secara wantah seperti kambing, ayam, lembu, dan sebagainya) tetapi manusia hidup menciptakan berbagai hal untuk mencukupi dan memudahkan serta mengenakkan hidupnya. Misalnya manusia membuat pakaian, rumah, kendaraan, buku-buku, bahkan manusia dapat membuat pesawat ruang angkasa ulang-alik, komputer, yang semuanya itu disebut kebudayaan. Maka manusia disebut makhluk budaya. Manusia hidup menciptakan kebudayaan, manusia hidup membuadaya.
                Dari uraian tersebut di atas, dapat disimpulkan, bahwa manusia adalah makhluk Tuhan, makhluk individu, makhluk sosial, dan makhluk budaya. Sebagi individu ia terdiri atas jiwa dan raga. Manusia hidup di dunia ini mempunyai ketergantungan, yakni tergantung kepada Tuhan yang Maha Esa, tergantung kepada alam, dan tergantung kepada sesamanya. Pengakuan lain terhadap manusia ialah bahwa manusia mempunyai kemerdekaan, manusia mempunyai hak-hak asasi dan sekaligus hak asasi dalam konteksi hidup bersama di dalam masyarakat. Masih banyaklah pengungkapan-pengungkapan terhadap manusia, hal ini dapat dipelajari dalam filsafat manusia.
                Dari awal adanya manusia sampai sekarang ini, belum diketahui sudah berapa turunan, dan akan hidup berapa turunan lagi, juga tidak mudah diketahui. Yang jelas, jika manusia mau hidup terus, perlu keturunan, perlu generasi muda. Generasi muda ini perlu disiapkan agar dapat meneruskan perjuangan hidup generasi tuanya. Penyiapan generasi muda tadi memerlukan suatu proses yang kita sebut pendidikan. Jadi antara manusia dan pendidikan ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan, jika salah satunya dihilangkan maka tidak akan mempunyai nilai.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Uki Kifli | Bacalah | Bacalah
Copyright © 2011. Uki Media Network :: Berkembang Dalam Tantangan
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger